Military Korrespondent

Model Taman Minimalis

Saat ini, tidak banyak rumah yang memiliki halaman yang luas. Halaman atau tempat lapang biasanya dialihfungsikan untuk ruang lain, misalnya garasi. Namun, dengan area yang sempit, Anda tetap bisa membuat taman minimalis sehingga membuat tempat tinggal Anda terasa sejuk. Berikut 5 desain atau model taman minimalis yang bisa Anda aplikasikan.

  • Vertical Garden

Di bagian depan, samping atau belakang rumah, dapat dimanfaatkan untuk membuat vertical garden. Taman ini tidak mendatar namun disusun ke atas. Anda bisa menyusunnya dengan di dinding, tangga khusus atau dengan menggunakan rakan shading jendela.

  • Taman dan Kolam

Punya lahan sempit bukan berarti Anda tidak bisa memiliki taman. Anda bisa menciptakan taman kecil yang dilengkapi dengan kolam agar rumah Anda menjadi semakin sejuk. Untuk melengkapi tampilannya agar lebih alami, Anda bisa menambahkan batu kerikil di sekitar kolam.

  • Taman di Balkon

Anda memiliki rumah 2 lantai namun tidak ada taman? Anda bisa memanfaatkan balkon tersebut sebagai taman Anda. Anda bisa memulainya dengan membuat tempat untuk menanam di dekat railing atau dengan menempatkan pot berisi tanaman.

Anda juga bisa menggunakan pot gantung dan memadukannya dengan vertical garden agar balkon lebih luas. Agar lebih alami, pergunakan unsur kayu atau menggunakan warna coklat. Setelah itu, Anda bisa menaruh kursi dan meja kecil untuk Anda bersantai.

  • Lahan Sempit Samping Rumah

Jika Anda hanya memiliki ruang yang tidak terlalu luas di samping rumah, Anda bisa menempatkan tanaman di bagian tersebut. Posisikan tanaman tersebut 1 garis dengan panjang ruang. Agar lebih apik, beri tambahan batu koral atau kerikil. Untuk tanamannya sendiri, pilih jenis tanaman yang memiliki diameter batang yang kecil agar tidak terlalu penuh.

  • Indoor Garden

Bila di rumah Anda terdapat bagian ruangan yang lapang, Anda bisa menggunakannya untuk dijadikan indoor garden. Anda bisa memilih jenis tanaman bamboo atau palem yang tidak merusak pondasi rumah.

Agar tanaman tetap mendapatkan cahaya, Anda bisa menggunakan atap transparan atau terbuka. Namun jika atapnya terbuka, sebaiknya beri sekat sehingga ketika hujan, bagian dalam rumah tidak menjadi kotor.

Dari 5 desain taman untuk lahan sempit tersebut, Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan Anda. anda juga bisa berkreasi sesuai dengan keinginan Anda agar rumah semakin nyaman ditinggali.