Military Korrespondent

Mengembalikan Website yang di Deface Dengan Mudah

Military – Jika anda memiliki website, entah itu mungkin website pribadimu atau mungkin website yang anda gunakan untuk bisnismu maka tentu saja anda akan sangat memperhatikan websitemu bukan? Tentu saja jika website mengalami error maka kita akan merasa tidak tenang, karena itu menyebabkan website jadi tidak bisa diakses dan mengalami gangguan. Kemudian bagaimana jika website anda tiba-tiba mengalami hack atau istilahnya mengalami deface? Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai mengembalikan website yang di deface dengan mudah. Simak penjelasan lengkapnya!

Mengaktifkan maintenance mode

Cara pertama untuk mengembalikan website yang di deface adalah dengan mengaktifkan maintenance mode, apabila anda menggunakan CMS seperti wordpress misalnya atau mungkin anda menggunakan joomla maka anda bisa menggunakan cara yaitu mengubahnya menjadi maintenance mode. Untuk tahu bagaimana cara mengubah mode ke maintenance, maka anda bisa mencarinya di internet.

Mengganti password

Cara kedua yang bisa anda lakukan untuk mengembalikan website di deface adalah dengan mengganti password anda. Anda perlu melakukan ganti password Cpanel dan juga mengganti password website. Karena biasanya salah satu celah yang digunakan hacker yaitu lemahnya password yang digunakan sebelumnya, jadi sangat perlu untuk mengganti segera password tersebut.

Membersihkan hacking

Cara ketiga untuk mengembalikan website yang di deface adalah dengan membersihkan hacking. Setelah anda mengganti kata sandi atau password maka langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan memeriksa file yang ada pada hosting anda. Langkah yang satu ini sangatlah berguna untuk mengetahui secara dini file yang menjadi penyebab website anda di hack, anda bisa mencari di google bagaimana cara membersihkan hacking.

Menindaklanjuti laporan dari malware

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mengembalikan website di deface adalah anda harus menindaklanjuti laporan dari malware. Apabila mungkin anda mendapatkan informasi karena adanya malware pada account hosting, maka anda harus menindaklanjutinya sehingga website yang mungkin mengalami deface atau hacking bisa kembali benar dan bisa diakses seperti sedia kala.

Melakukan scan malware

Jika website anda mengalami deface, maka langkah kelima yang harus anda lakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan file. Anda harus meyakinkan bahwa hosting yang anda pakai ini memang sudah bersih dan juga aman. Sehingga anda harus melakukan scan malware pada hosting anda dari Cpanel. Untuk menambahkan atau meningkatkan keamanan maka anda perlu menambahkan plugin security.

Melakukan scan computer

Selanjutnya, jika anda sudah melakukan step yang sudah kami bicarakan di atas tadi maka anda harus melakukan scan computer karena beberapa kasus website yang mengalami deface ini disebabkan karena virus yang juga berasal dari komputer. Maka sebisa mugkin mulai saat ini anda melihat apakah memang komputer anda masih ada virusnya atau tidak. Jangan meremehkan scan komputer ya.

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya mengenai cara mengembalikan website yang di deface. Jika memang anda tidak paham bagaimana cara untuk mengatasi jasa pembuatan website anda yang mengalami hacking atau yang mengalami deface maka mungkin untuk lebih jelasnya anda bisa melihatnya di Youtube untuk tutorialnya atau mungkin anda bisa meminta bantuan ahli website yang bisa melakukan perbaikan untuk website anda yang mengalami deface. Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami berikan pada anda. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa berguna dan bermanfaat untuk anda semuanya yang websitenya sedang mengalami deface ya.