Military Korrespondent

Mengapa Menggunakan CMYK dalam Desain Logo Stiker Keren?

Ketika Anda ke jasa desain logo murah berkualitas, untuk membuat desain stiker, biasanya penyedia jasa akan menggunakan CMYK. Kenapa harus menggunakan warna CMYK untuk desain logo stiker keren?

Salah satu alasannya adalah karena hasilnya tidak maksimal. 

Mengenal CMYK

CMYK merupakan singkatan dari cyan, magenta, yellow, black. CMYK Menggunakan key color. Tujuannya adalah agar bisa menciptakan warna yang lebih luas.

Mengapa Menggunakan CMYK dalam Desain Logo Stiker Keren?
Mengapa Menggunakan CMYK dalam Desain Logo Stiker Keren?

Tanpa adanya warna kunci tersebut, CMY tidak bisa digunakan untuk menciptakan warna gelap yang dalam.

Warna CMYK cenderung lebih seimbang untuk latar belakang putih seperti kertas. Di sisi lain, CMYK bisa memberikan warna yang lebih terang jika dibandingkan dengan RGB (red, green, blue). Maka dari itu CMYK, cocok untuk proses pencetakan, rotogravure, letterpress, litografi, sablon dengan resolusi 300 ppi.

Mudahnya, CMYK memiliki keunggulan, diantaranya yaitu:

  1. Standar industri dalam mencetak karena hasil warnanya lebih akurat dibandingkan dengan RGB.
  2. Jika pun ada perbedaan warna, perbedaan tersebut tidak akan terlalu mencolok.

CMYK dalam Dunia Percetakan

Di dunia percetakan, penggunaan warna CMYK harus sudah diatur saat Anda membuat desain logo stiker keren. Tujuannya agar hasil cetak akan sama, setidaknya mirip, dengan hasil desain yang sudah Anda buat.

Apa hanya itu saja? Tidak, Anda juga harus menggunakan tinta printer mode warna CMYK. Dengan begitu, hasil cetak stiker akan lebih maksimal.

Namun, bagaimana jika file yang dimiliki adalah file RGB?

Jika file tersebut hanya akan digunakan untuk keperluan digital, maka tidak masalah. Sebaliknya, jika hendak dicetak, sebaiknya diolah lebih dahulu ke CMYK.

Namun, perubahan dari RGB ke CMYK ini tergantung juga dari mesin cetak atau printer yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan flexography atau teknik cetak offset, maka Anda perlu merubah dari RGB ke CMYK.

Jika Anda menggunakan printer modern, maka konversi akan terjadi secara otomatis. Jadi, Anda tidak perlu lagi merubah gambar secara manual dari RGB ke CMYK.

Merubah RGB ke CMYK

Ketika Anda sudah terlanjur menggunakan RGB dibandingkan CMYK, Anda tidak perlu cemas. Anda bisa mengubah warnanya dengan mudah menggunakan aplikasi, diantaranya:

  1. Adobe photoshop: caranya dengan klik image > mode > CMYK pada gambar yang akan Anda rubah.
  2. Adobe illustrator: pilih file lalu pilih document color mode dan pilih CMYK Color.
  3. Corel Draw: klik objek yang akan dirubah > pilih fill tool > fill color dialog. Sedangkan untuk merubah garis berwarna CMYK, caranya yaitu pilih outline tool > outline color.

Jadi, sudah tahu ya mengapa desain logo stiker keren sebaiknya menggunakan warna CMYK sejak awal. Dengan begitu, warna akan sama dengan yang Anda desain dan hasilnya akan lebih maksimal.