Military Korrespondent

konsep desain interior

Konsep desain interior adalah tahapan awal dalam merencanakan tata-letak ruangan. Banyak juga yang menyebutnya sebagai tema, gaya, atau model. Intinya sama, yaitu perancangan ruangan agar menghasilkan suatu tampilan dan suasana tertentu. Apakah Anda pernah membayangkan rumah Anda didekor ulang layaknya sebuah kafe? Itulah yang dimaksud dengan konsep.

Layaknya desainer logo yang membutuhkan aplikasi desain logo, interior pun memerlukan software khusus untuk pengerjaannya. Tidak hanya kemampuan mengoperasikan software, desainer interior juga harus memahami berbagai konsep ruangan. Tanpa konsep yang jelas, sangat sulit untuk menata ruangan dan mengupayakan unsur estetika. Butuh inspirasi? Coba saja 3 konsep berikut ini.

 

3 Konsep Desain Interior Terbaik

 

  • Kontemporer

konsep desain interior

Beberapa orang lebih suka menerapkan konsep deasin interior klasik, ada pula yang lebih cocok dengan gaya modern. Bagaimana kalau keduanya digabungkan? Dari sinilah muncul konsep baru bernama kontemporer. Konsep ini menggunakan teknik penataan dan perabot khas jaman dulu, namun tetap tampak modern secara keseluruhan.

Dibutuhkan kemampuan tersendiri untuk menghasilkan konsep kontemporer. Desainer harus benar-benar menguasai gaya klasik dan modern karena keduanya adalah dasar bagi konsep ini. Contohnya seperti perpaduan warna coklat klasik dan hitam-putih modern, garis lengkung klasik dan garis lurus modern, dan sebagainya. Tidak mudah memang, tapi hasilnya dijamin mampu memukau siapa saja.

 

  • Industrial

konsep desain interior

Konsep desain interior dengan gaya industrial sangat cocok untuk diterapkan pada ruang kerja, kantor kreatif, atau ruangan-ruangan yang identik dengan aktivitas produktif. Konsep ini sangat banyak ditemukan di barbershop, studio tatto, workshop, dan tempat-tempat lain yang identik dengan gaya hidup kekinian.

Pada praktiknya, konsep industrial sengaja membiarkan ruangan terlihat seperti bangunan setengah jadi. Misalnya dengan dinding batu-bata, susunan pipa simetris, atap tanpa langit-langit, lampu logam menjuntai panjang, dan lain sebagainya. Kalau dikerjakan secara profesional, kesan setengah jadi justru menghasilkan suasana ruangan yang artistik dan menunjang produktivitas.

 

  • Futuristik

konsep desain interior

Atau Anda ingin memiliki ruangan layaknya laboratorium canggih Iron Man? Konsep desain interior yang seharusnya Anda pilih adalah futuristik. Konsep ini belum banyak ditemukan karena tema yang digunakan adalah masa depan. Dengan kata lain, Anda seolah-olah memasuki ruang waktu untuk mengunjungi masa depan, mempelajari tren bangunan pada masa itu, lalu kembali dan menerapkannya ke abad 20.

Konsep futuristik mengandalkan garis lengkung yang kuat, sudut tumpul, warna-warna metalic, perabot logam mengkilap, dan barang-barang yang identik dengan masa depan. Anda akan merasa bagaikan sedang berada di sebuah ruangan super canggih yang sarat dengan teknologi. Tertarik untuk mencobanya?

 

Konsep Desain Interior Sesuai Fungsi Ruangan

Dalam memilih konsep, alangkah baiknya jika Anda menentukan latar belakang dan tujuan ruangan terlebih dahulu. Untuk rumah pribadi, gaya kontemporer lebih disarankan karena sangat ideal untuk aktivitas personal dan relaksasi. Gaya industrial lebih cocok untuk ruang kerja yang menonjolkan produktivitas. Tapi jika Anda bergerak di bidang teknologi dan digital, tentu saja gaya futuristik adalah konsep desain interior yang paling tepat untuk Anda pilih.