Military Korrespondent

strategi promosi online

6 Macam Strategi Promosi Online Untuk Pebisnis Pemula – Di jaman seperti saat ini, kehidupan manusia hampir sepenuhnya tidak dapat dipisahkan oleh aktivitas yang dilakukan secara online atau berselancar di internet. Penggunaan internet saat ini digunakan oleh banyak kalangan dan semua profesi. Penggunaan internet ini sangat penting karena dapat membantu memudahkan aktifitas sehari-hari, termasuk pebisnis didalamnya.

 

Untuk menjalankan bisnis Anda tentu membutuhkan akses internet atau online untuk menjalankan strategi content marketing. Selain itu juga untuk menjaga agar  pangsa pasar tetap stabil, bahkan bisa menambah target pasar. Dengan memanfaatkan internet di platform media sosial bisa membuat strategi promosi online dapat berjalan dengan lancar dan mendapatkan perhatian calon konsumen lebih banya lagi.

 

6 Macam Strategi Promosi Online Untuk Pebisnis Pemula

 

Berikut ada 6 macam dari strategi promosi online yang bisa Anda lakukan, diantaranya adalah:

 

Content Marketing

Strategi promosi pemasaran yang pertama dapat Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk mencari informasi. Dengan menggunakan model Content Marketing, Anda dapat menarik perhatian konsumen dengan ragam informasi yang ada di website milik Anda. Informasi yang digunakan dapat berupa:

  • Artikel atau text
  • Video
  • Gambar
  • Dan ragam lainnya.

 

Namun dengan menggunakan strategi ini, informasi yang ingin Anda sampaikan harus jelas dan tepat pada sasaran. Contoh, Anda memiliki brand kecantikan maka konten yang Anda buat harus berisi informasi mengenai kecantikan dan hal-hal pendukung lainnya mengenai kecantikan.

 

Mobile Marketing

Saat ini masyarakat sangat bergantung pada perangkat mobile, seperti smartphone ataupun tablet. Melihat kesempatan yang ada, dengan menggunakan strategi promosi online ini dapat memberikan Anda keuntungan yang banyak.

 

Anda wajib untuk mendesain tampilan pada website yang ramah atau user friendly saat websit Anda diakses melalui perangkat mobile.

Berdasarkan survey yang dilakukan ada sekitar 40% konsumen yang melakukan transaksi secara online.

 

Continuous Marketing

Platform media sosial seperti Facebook, Instagram, termasuk Twitter juga dapat Anda andalkan sebagai strategi pemasaran online. Dengan adanya pemasaran berkelanjutan maka akan terjadi penekanan pada aktifitas promosi di jaringan media sosial.

 

Dan akan mendapatkan hasil yang baik bila Anda melakukan analisa data seperti:

  • mengerti demografi feedback pelanggan yang didalamnya terdapat opini atau pendapat konsumen agar Anda terus berinovasi
  • menemukan konsep produk bisnis yang sesuai dengan pangsa pasar inginkan.

 

Integrated Digital Marketing

Strategi selanjutnya adalah Integrated digital marketing, yang cara kerjanya adalah dengan membuat beberapa langkah untuk memperkuat efektivitas pemasaran melalui online. Adapun cara yang dapat Anda lakukan seperti:

  • membuat blog atau website
  • melakukan kampanye brand atau iklan
  • menggunakan media sosial dan yang lainnya untuk menjangkau konsumen yang lebih banyak lagi.

 

Visual Marketing

Strategi pemasaran online berikut ini lebih mengedepankan bagaimana cara untuk dapat menciptakan objek visual yang mampu mewakili produk yang Anda tawarkan kepada calon konsumen. Biasanya visual marketing dilakukan di dunia nyata, namun saat ini strategi visual marketing juga bisa dilakukan di media sosial seperti Instagram, Pinterest, sampai dengan YouTube.

 

Personalized Marketing

Strategi pemasaran yang satu ini lebih mengedepankan konsumen secara personal, oleh sebab itu strategi ini disebut juga sebagai one to one marketing. Dimana setiap konsumen dianggap unik, oleh karena itu setiap konsumen akan diperlakukan secara berbeda.

 

Dan untuk menggunakan strategi ini, Anda menggunakan e-commerce. Toko online yang saat ini banyak berseliweran, dapat Anda manfaatkan untuk memasarkan produk yang Anda jual. Dan biasanya dengan cara ini Anda jadi terbantukan untuk menyesuaikan produk dengan kebutuhan konsumen agar lebih tertarget, seperti:

  • Lokasi
  • Hobi
  • Minat
  • Umur
  • Gender
  • Dan lain-lain

 

Dengan memanfaatkan macam-macam strategi promosi online yang ada saat ini, jelas sangat membantu Anda untuk membangun sebuah bisnis. Jangan sampai bisnis tersendat hanya karena Anda tidak memahami strategi promosi online yang saat ini gencar digunakan oleh banyak pebisnis lainnya.