Military Korrespondent

Mungkin kalian seringkali melihat dan juga menonton banyak video animasi di Youtube, terutama yang biasanya di siarkan khusus anak-anak kecil dan balita. Video animasi memang sangat lucu dan menggemaskan sekali ya?

Saat ini masih jarang sekali seseorang yang menguasai dan dapat membuat video animasi, karena sebenarnya membuat animasi sangat sulit dan bahkan ada sekolahnya tersendiri lho.

Animasi sendiri adalah gabungan dari beberapa gambar yang diam, tetapi dibuat seolah-olah menjadi bergerak. Animasi terus berkembang, animasi juga memiliki banyak jenis dengan keunikannya masing-masing.

Apa saja sih jenisnya? Yuk kenali lebih jauh!

1. Animasi Tradisonal

Merupakan salah satu animasi yang diperlukan ketekunan dan ketelitian yang ekstra, karena proses pembuatannya yang masih manual dan mengandalkan kemampuan tangan untuk menggambar beberapa objek di atas kertas yang berbeda-beda dan pelukis memulainya dengan menggabungkan beberapa gambar tersebut dan menggerakkannya.  Objek tersebut akan bergerak sedikit demi sedikit, saat ini banyak juga animasi komputer yang pembuatannya dimulai dengan animasi tradisional.

2. Animasi 2D

Selain dapat di buat dengan sistem tradisional, video animasi juga ternyata dapat dibuat dalam kategori berbasis vektor. Animasi 2D ini juga biasanya akan menghasilkan gambar kartun yang tentunya menarik dan dapat di tonton oleh semua kalangan. Video Animasi 2D biasanya juga digunakan sebagai Graphical User Interfaces seperti pada platform Mac dan Windows.

3. Animasi 3D

Video animasi jenis ini tentunya memilki 1 tingkatan lebih baik dari Video Animasi 2D. Pada gambar 3D biasanya animator akan membuat rangka tulangan dari gambar yang di inginkan dahulu, barulah akan memulai menggambar bagian lainnya yang akan ditambahkan pada rangka tulangan tersebut. Misalnya pada animasi gambar manusia, animator akan membuat rangka tulangnya terlebih dahulu baru akan membuat badan serta pakaian yang di inginkan. Pada kenyataannya, membuat animasi 3D memang lebih sulit, dan diperlukan beberapa pemahaman khusus untuk menggerakkan objek.

4. Motion Graphic

Yaitu metode dan hasil dari pembuatan animasi 3D dan proses pembuatan objek untuk menjadi hidup dna bergerak.  Motion graphic juga sering digunakan untuk menggerakkan kata-kata dan logo untuk kebutuhan iklan. Kemampuan dalam penguasaan motion graphic sebenarnya akan lebih berbeda dengan penggambaran objek 2D atau 3D. Kamu juga dapat melihat dan mencoba beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk online video editor dan membuat gambar animasi.

Beberapa jenis animasi di atas tentu saja sering kita temui di televisi atau pun media sosial lainnya. Animasi juga banyak digunakan oleh per orangan atau perusahaan sebagai pemasaran bisnis nya, atau juga membuat beberapa iklan penyuluhan. Hal ini tentu nya akan meningkat kan bisnis anda dan membuat orang lain tertarik!