Military Korrespondent

Bagaimana Cara Membuat Link Dofollow?

Ada 2 backlink, yaitu dofollow dan nofollow. Backlink dofollow digunakan untuk mendapatkan juice link sehingga website Anda bisa diindeks dan kualitas website bisa ditingkatkan. Terlihat sederhana tapi ketika cara membuat link dofollow salah, maka Anda pun tak bisa mendapatkan backlink berkualitas dan juicy.

Bagaimana caranya? Sebelum Anda membuat atau membangun backlink dofollow, maka Anda perlu mengecek lebih dahulu atribut backlinknya. Ini karena ada website dengan atribut nofollow dan ada yang dofollow.

Website dengan backlink dofollow tidak memiliki referral ketika Anda mengecek di bagian inspect element. Misalnya, <a href=”sumberbacklink.com” target=”_blank”>backlink</a>.

Sedangkan untuk backlink nofollow, akan ada attribute nofollow. Misalnya, <a href=”sumberbacklink.com” target=”_blank” rel=”external nofollow”>backlink</a>.

Jika Anda sudah yakin bahwa website tersebut adalah website yang tepat untuk backlink dofollow maka pilih website yang berkualitas. Misalnya yang memiliki DA/PA tinggi. Kemudian lakukan cara berikut:

(baca juga: cara cek backlink kompetitor)

  • Membangun Relasi
Bagaimana Cara Membuat Link Dofollow?
Bagaimana Cara Membuat Link Dofollow?

Anda ingin membangun backlink yang bisa bertahan lama? Jika iya, maka Anda perlu membangun relasi.

Apa kaitannya antara membangun relasi dan backlink?

Relasi yang Anda bangun saat ini, terutama dengan pemilik blog bisa membantu Anda untuk mendapatkan trafik di masa mendatang. Alhasil, backlink yang Anda bangun bisa bertahan lebih lama.

Di sisi lain, Anda pun akan lebih mudah untuk mendapatkan backlink karena sudah mengenal banyak blogger.

  • Guest Blogging

Tidak sedikit yang meninggalkan guest blogging karena dianggap spam, backlink lemah dan membuang waktu. Faktanya, guest blogging bisa memberikan backlink berkualitas dengan catatan, Anda lakukan cara berikut:

  1. Cari website yang sesuai atau relevan dengan website Anda.
  2. Pastikan sumber backlink berkualitas.
  3. Menuliskan konten yang berkualitas, relevan dengan website platform dan website Anda.
  4. Jangan lupa untuk melakukan promosi.

Dengan cara di atas, Anda tidak hanya mendapatkan backlink dofollow tapi juga backlink yang berkualitas.

  • Mengklaim Mention yang Anda Dapatkan

Cara membuat link dofollow yang kedua adalah dengan mengklaim mention.

Terkadang, ada website yang melakukan mention, misalnya dilansir dari XXX, untuk penulisan kontennya. Mention tersebut bisa Anda klaim.

Namun sebelum mengklaim, Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu, apakah ada website yang mention website Anda. Jika ada, maka Anda bisa menghubungi pemilik website.

Jangan lupa untuk memperkenalkan diri Anda dan menyebutkan tujuannya. Setelah itu, Anda bisa memberikan informasi tambahan misalnya bukti mention.

Sebagai catatan, pilih mention dari website yang berkualitas. Dengan begitu, backlink yang Anda dapatkan juga akan berkualitas.

Itulah beberapa cara membuat link dofollow yang perlu Anda perhatikan. Jika Anda menemukan cara lain, anda bisa mencoba cara tersebut untuk membuat backlink agar Anda dapat memperoleh backlink yang berkualitas. Selamat mencoba dan semoga informasi ini membantu.