Military Korrespondent

Cara Membuat Desain Rumah Yang Bagus

Ketika membangun rumah yang menjadi impian kita, tentunya anda akan memikirkan tentang desain rumahnya yang seperti apa. Dalam hal ini juga, anda akan membuat denah terlebih dahulu, karena ini adalah tahap awal untuk membentuk suatu konsep yang lebih baik. Namun, tak semua orang yang tahu akan cara membuat desain rumah yang bagus, tapi tenang disini kami akan menjelaskan tentang bagaimana cara-caranya. Sebagai pembahasannya, anda dapat simak uraian berikut ini.

1. Pilih Model Rumah

Cara yang pertama dalam desain rumah yang bagus adalah anda dapat memilih model rumahnya yang seperti apa. Hal ini penting untuk anda lakukan karena ini dapat mempengaruhi gambaran denah dari rumah tersebut dengan cara yang langsung. Bukan hanya itu saja, ini juga akan membuat preferensi anda menjadi lebih mudah dalam sketsa rumah tersebut secara menyeluruh. Sebagai contohnya, apabila anda memilih model yang berupa rumah dengan satu lantai, maka anda dapat menggabungkan dalam suatu ruangan saja.

2. Tentukan Tata Ruang

Bagaimana cara membuat desain rumah yang bagus? Untuk cara yang selanjutnya anda dapat menentukan tentang tata ruang yang akan dibutuhkan dalam rumah. Mulai dari berapa banyak kamar tidur, kamar mandi, ruang keluarga, ruang tamu dan juga garasi rumah yang ada.

Kebutuhan dari tata ruang antar suatu rumah dengan rumah yang lainnya, tentu saja akan tampak berbeda. Hal ini hanya tergantung dari jumlah penghuni serta beragam macam aktivitas yang ada di dalam rumah tersebut. Dalam desain rumah yang seperti ini, maka anda dapat mengandalkan sebuah jasa online dari https://www.sribu.com/id/cat/jasa-desain-rumah.

3. Pelajari Kebutuhan Tiap Ruang

Bagi anda yang telah tentukan tata ruang dengan cara yang baik, anda dapat mempelajari kebutuhan dari tiap ruangan yang ada. Dalam hal ini anda dapat mempelajari tentang ukuran standar ruang, apakah ruangannya memiliki bukaan atau tidak. Sebagai contohnya adalah kamar tidur ayah dan kakek harus besar, apakah tiap kamar mandi yang ada harus memakai bathtub, termasuk juga dengan ukuran garasi maupun dapur rumah. Semuanya harus anda pertimbangkan dengan cara yang baik.

4. Memulai dari Denah Dasar

Apabila kebutuhan dari tiap ruangan telah diketahui, maka selanjutnya anda dapat mengatur zonasi dari tatanan rumah yang mana letak ruangan rumah harus terlihat sesuai dengan fungsinya. Jika anda sudah mempunyai gambaran dari denah yang ada, cara membuat desain rumah yang bagus selanjutnya adalah menyatukan tentang zonasi tatanannya hingga menjadi suatu kesatuan denah rumah yang dasar.

5. Cari Alternatif Denah dan Buat Detail di Denah Rumah

Selain tentukan denah rumah yang terbaik, hal yang sangat penting juga anda harus mencari alternatif denah. Cara yang mendasar adalah memutar dari denah rumah tadi, mengubah zonasinya ataupun bisa dengan menukar posisi dari ruang satu dengan yang lainnya. Kemudian anda dapat membuat detail di denah rumah, caranya anda dapat tambahkan detail-detail teknis ataupun non teknis di denah rumah. Perlu diketahui kalau detail sketsa dari rumah tersebut dapat berupa notasi, detail arsitektur, ukuran yang ada di dalam satuan luas.