Military Korrespondent

5 Bahasa Pemrograman yang Dipelajari di Kursus Desain Website

Seiring dengan perkembangan zaman, semakin banyak pula orang yang ingin menguasai pembuatan website. Bahkan tidak sedikit yang akhirnya memilih untuk kursus desain website untuk bisa membangun situs sendiri.

Biasanya, untuk membangun desain, Anda bisa akan menggunakan CSS, HTML ataupun PHP. Namun, selain 3 bahasa pemrograman tersebut, Anda juga bisa mempelajari jenis bahasa pemrograman berikut:

  • Angular – Web Framework
5 Bahasa Pemrograman yang Dipelajari di Kursus Desain Website
5 Bahasa Pemrograman yang Dipelajari di Kursus Desain Website

Jenis bahasa pemrograman ini termasuk pemrograman open source berbasis typescript. Bahasa pemrograman buatan dari google ini bisa digunakan untuk membuat berbagai macam aplikasi, website untuk berbagai macam platform. Keunggulan lain adalah bahasa ini didukung oleh google.

Banyak yang mempelajari angular karena angular termasuk sebagai salah satu bahasa program yang semakin berkembang. Bahkan angular versi 9 di rangka javascript. Karena hal tersebutlah angular bisa digunakan untuk membuat aplikasi web skala besar.

  • Python Django Framework

Di tempat kursus desain website, phyton termasuk sebagai salah satu bahasa pemrograman yang banyak dipelajari. Untuk membangun suatu desain seperti aplikasi website, python django framework bisa jadi pilihan.

Django memiliki kestabilan,paket dan stabilitas yang baik. Ditambah fakta bahwa django framework merupakan aplikasi yang gratis dan open source, membuat django framework semakin banyak dipilih.

Django biasanya digunakan untuk aplikasi web misalnya membangun CRM, CMS, Booking engines. Didukung dengan API backend dengan kode minimal membuat djangi bisa digunakan untuk pengembangan aplikasi website secara maksimal.  Jadi, secara keseluruhan, django bisa digunakan untuk membangun aplikasi berbasis api dan aplikasi skala besar.  

  • Node.js

Javascript termasuk sebagai salah satu bahasa pemrograman yang paling pesat berkembang. JS atau javascript biasanya digunakan untuk pembuatan website namun saat ini bisa digunakan juga untuk membuat aplikasi. Karena hal tersebut, javascript hingga saat ini banyak dipelajari terutama oleh desainer atau programmer pemula.

  • VBA

Microsoft visual basic for application atau yang dikenal dengan VBA adalah turunan dari VB (Visual Basic). Bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh penyedia jasa website ini dikembangkan oleh Microsoft.

VBA adalah kombinasi yang terintegrasi antara bahasa pemrograman dengan lingkungan pemrograman atau visual basic editor. Tujuannya adalahy untuk mempermudah user dalam mendesain dan embangun program.

Untuk mengaplikasikannya, Anda tetap butuh bahasa pemrograman lain misalnya .Net yang masih termasuk dalam visual basic. Jadi, jika Anda hendak mempelajari bahasa pemrograman ini, Anda harus mempelajari, setidaknya dasar dari .NET.

  • Vue.js

Vue termasuk dalam framework javascript yang diciptakan oleh Evan You. Bahasa pemrograman ini digunakan untuk membangun frontend aplikasi skala menengah. Ada beberapa keunggulan dari vue seperti fleksibilitasnya yang tinggi.

Itulah beberapa bahasa pemrograman yang perlu Anda kuasai untuk desain website. Namun, tetap sesuaikan kursus desain website dengan kebutuhan dan keinginan Anda ya.  Semoga informasi ini bermanfaat.